Variasi Resep MPASI Buatan Sendiri yang Tepat untuk Buah Hati

MPASI merupakan menu makanan pendamping bayi yang sudah menginjak usia 6 bulan. Makanan tersebut diberikan agar bisa menjadi pelengkap tambahan nutrisi, karena jika hanya mengandalkan susu terus menerus, gizi si buah hati tentu tidak akan terpenuhi. Meskipun sekarang sudah banyak produk-produk pendamping ASI, ada baiknya kalau Anda membuat sendiri resep MPASI di rumah.

Tidak sulit untuk membuatnya sendiri, asalkan Anda menggunakan bahan yang tepat agar buah hati tidak tersedak atau mendapatkan nutrisi yang salah. Selain itu, kalau Anda salah memberikannya, bayi bisa mengalami obesitas dan sistem pencernaannya terganggu.

Bagi Anda yang masih awam dalam membuat resep MPASI sendiri, berikut berbagai caranya.

1. Bubur susu

Membuat bubur susu sangatlah mudah. Anda cukup membutuhkan bahan tepung beras sebanyak 3 sdm, susu formula atau ASI sebanyak 200 ml, dan air tambahan secukupnya. Anda hanya perlu mencampurkan semua bahan-bahannya di wadah anti panas dan aduk sampai rata.

Ketika sudah merata, Anda perlu memasaknya sebentar saja di api kecil. Kalau sudah mulai meletup-letup, bubur susu tersebut sudah bisa Anda berikan ke buah hati Anda.

2. Bubur buah dan biskuit

Resep MPASI yang terbilang sangat mudah membuatnya yaitu bubur buah dan biskuit. Siapkan bahan-bahannya, seperti biskuit sebanyak 4 buah, susu atau ASI sebanyak 100 ml, dan pisang ambon 75 gr. Jangan lupa potong-potong kecil terlebih dahulu pisangnya agar mudah dilunakan nantinya.

Haluskan terlebih dahulu 4 buah biskuit ke dalam seduhan susu maupun ASI, lalu berikan sedikit air matang. Setelah itu, barulah Anda masukan pisang ambon yang sudah dihaluskan sebelumnya. Cukup campurkan saja hingga merata dan bayi Anda bisa menikmatinya.

3. Bubur buah

Selain dicampurkan biskuit, buah bisa langsung dijadikan bubur. Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan, yaitu tepung beras sebanyak 1 sdm, air matang 10 ml, susu atau ASI sebanyak 100 ml, dan 50 gr buah yang sudah matang, seperti pisang, apel, pepaya, alpukat, atau pear. Pilih salah satu saja, ya.

Cara membuatnya pertama-tama Anda campurkan terlebih dahulu air dan tepung berasnya, lalu aduk-aduk terus sampai merata. Kemudian masaklah di api kecil sampai terlihat meletup-letup. Kalau sudah, campurkan buahnya yang sudah Anda haluskan. Tambahkan susu atau ASI ketika buburnya sudah hangat dan bubur siap diberikan ke buah hati.

4. Nasi tim campur

Nasi tim menjadi pilihan resep MPASI yang banyak diberikan, karena nutrisinya dipercaya lebih lengkap. Siapkan bahan beras sebanyak 20 gr, air matang takaran 650 ml, daging yang sudah digiling 25 gr, brokoli dan tomat masing-masing 25 gr sudah dipotong kecil, keju parut, serta kuning telur sebanyak 1 butir.

Pertama-tama, rebuslah beras yang dicampur daging giling ke dalam air matang sampai benar-benar menjadi bubur. Kalau sudah, Anda masukkan saja brokoli dan tomat yang sudah dipotong kecil-kecil tadi dan tunggu saja sampai buburnya matang.

Jangan langsung berikan ke bayi karena Anda harus menghaluskannya terlebih dahulu. Anda bisa menyaringnya dengan memakai saringan kawat atau langsung diblender. Dengan begitu, buah hati Anda bisa menikmatinya tanpa tersedak.

5. Nasi tim ikan

Resep MPASI yang terakhir adalah nasi tim ikan. Bahan yang perlu disiapkan yaitu air sebanyak 650 cc, beras 20 gr, ikan tenggiri dan tempe yang sudah dipotong kecil-kecil masing-masing sebanyak 20 gr, labu siam, tomat 1 buah, dan mentega 1 sdt.

Rebuslah ikan, tempe, dan beras sampai benar-benar menjadi bubur. Kalau sudah cukup matang, masukkan labu dan tomat. Terakhir masukkan mentega dan tunggu sampai matang. Kalau sudah, haluskan dengan cara disaring atau diblender.

Dengan mengetahui resep MPASI di atas, Anda tidak perlu lagi selalu membeli produk makanan pendamping bayi lainnya, karena belum tentu nutrisinya bisa terpenuhi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *