Menjelang akhir musim hujan, banyak orang mencari ide usaha budidaya di musim kemarau. Selain karena kita sudah berada di penghujung musim hujan, ide usaha budidaya di musim kemarau bisa dilakukan sebagai sampingan dalam menambah pundi-pundi uang. Bahan-bahan dan alat-alat dalam memulai budidaya juga tidak begitu sulit, sehingga tak heran semakin menjamurnya usaha budidaya di musim kemarau.

Jika Anda ingin mencoba usaha budidaya di musim kemarau, Anda dapat melihat daftar pilihan budidaya musim kemarau yang telah kami siapkan untuk Anda.

Langkah Awal Melakukan Usaha Budidaya di Musim Kemarau

Untuk memulai melakukan budidaya, Anda perlu memetakan daftar tanaman apa yang akan Anda tanam. Tidak perlu banyak-banyak, Anda bisa menentukan 3 – 4 tanaman untuk ditanam di lahan yang telah Anda sediakan. Pertimbangkan juga kemungkinan terburuknya jika tanaman yang Anda tanam gagal. Anda harus tahu tindakan yang perlu Anda lakukan.

Maka, cara terbaik dalam menentukan tanaman yang tepat untuk musim kemarau adalah memilih tanaman yang tidak perlu perawatan rumit. Hanya dengan menyiramnya saja Anda sudah membantu tanaman tersebut berproses. Selain itu, persiapkan juga alat-alat untuk melakukan budidaya. Mulai dari sekop, cangkul, sampai gunting dan ember harus Anda sediakan sejak awal agar semuanya sudah siap dan tinggal digunakan.

Tanaman Budidaya Musim Kemarau: Jagung

Apakah Anda menyenangi pop corn? Jika ya, budidaya jagung akan sangat menguntungkan Anda. Jagung tidak butuh banyak air dan perawatan. Mereka justru berproses secara baik ketika musim kemarau tiba. Cuaca panas akan semakin membantu pembentukan jagung. Berbeda dengan melon, semangka, belewah, yang harus disirami terus menerus untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal, jagung dapat tumbuh dengan baik tanpa curah hujan yang konsisten.

Tanaman Budidaya Musim Kemarau: Mentimun

Tanaman satu ini sangat disenangi oleh mereka yang menyukai sayuran atau menyandingkannya sebagai lalap ketika makan nasi. Mentimun memiliki kadar air yang cukup banyak dan memberikan sensasi menyegarkan pada yang mengonsumsinya. Walau begitu, mentimun adalah salah satu tanaman yang cocok ditanam dalam musim kemarau. Mentimun mudah beradaptasi ketika ditanam dalam kondisi apapun, sehingga tidak butuh penyiraman berkala untuk mentimun.

Tanaman Budidaya Musim Kemarau: Terong

Satu lagi sayuran yang paling cocok ketika dikonsumsi bersama nasi, yaitu terong. Entah digoreng, dicampur sambal atau disayur, manis dan lembutnya terong akan sampai ke lidah kita. Bagi Anda yang menyukai terong, Anda mungkin bisa mencoba untuk melakukan budidaya terong di rumah Anda. Selain karena dapat dilakukan saat musim kemarau, terong juga bisa menjadi stok sayur mayur Anda.

Tanaman Budidaya Musim Kemarau: Kacang Panjang

Memakan Gado-Gado rasanya tidak akan lengkap jika tanpa kacang panjang. Tanaman ini sudah memiliki pamor di kalangan petani, bahkan tiap petani pasti menanam kacang panjang di lahannya. Kacang panjang termasuk jenis tanaman yang adaptif. Mereka bisa berkembang saat musim kemarau dan musim hujan. Namun, kacang panjang akan menghasilkan tanaman yang lebih lebat apabila ditanam saat kemarau.

Melakukan usaha musim kemarau merupakan hal yang menyenangkan jika dilakukan sepenuh hati. Terlebih, jika Anda sudah menjalankannya di tahun-tahun kemarin. Tentunya Anda memiliki pengalaman yang lebih banyak dan akan mendapatkan hasil yang mungkin lebih baik dari tahun sebelumnya. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihanmu sebelum dan sesudahnya karena hasil dari budidaya tergantung pada proses pembudidayaannya. Semoga usaha budidaya di musim kemarau yang Anda rancang berhasil.