Tips Mencuci Mobil Sendiri agar Mobil Tetap Mulus dan Bersih

Membersihkan mobil secara teratur merupakan salah satu cara terpenting untuk menjaga kualitas mobil. Namun, membersihkan mobil sendiri tentu tidak bisa sembarangan. Ada beberapa tips mencuci mobil sendiri yang harus anda lakukan agar komponen mobil di dalamnya aman dan mobil tetap mulus.

Secara umum ada empat bagian mobil yang memerlukan perlakuan berbeda ketika mencucinya. Empat bagian mobil ini meliputi mobil bagian luar (eksterior), mobil bagian dalam (interior), ban dan mesin mobil. Cara membersihkan yang tepat harus diaplikasikan pada keempat bagian mobil. Patut diingat bahwa mobil tidak hanya terbuat dari satu macam material melainkan dari beragam material seperti logam, karet, dan plastik. Perlakukan pada masing-masing material ini pasti berbeda. Berikut ini tips mencuci mobil sendiri yang dapat anda aplikasikan di rumah, seperti:

1. Mencuci Mobil di Bagian Luar

Mencuci mobil bagian luar diawali dengan membasahi permukaan mobil. Siram selama kira-kira 15 detik agar sisa klorin dan bahan kimia yang merusak cat dapat luntur. Sebelum mencuci, pastikan jendela dan pintu mobil telah ditutup rapat agar tidak ada air dan sabun yang masuk. Selanjutnya semprot kembali mobil, namun kali ini agar debu dan pasir yang melekat di badan mobil hilang. Tujuannya adalah agar pasir dan debu tidak menggores permukaan mobil ketika kita bersihkan.

Sebaiknya pilih bahan pembersih khusus mobil agar cat mobil tidak rusak atau malah menimbulkan karatan di permukaan. Anda juga dapat menggunakan wax agar permukaan mobil lebih mengilap. Cuci permukaan mobil sampai bersih dan pastikan tidak ada busa sabun yang tertinggal di permukaan cat sampai kering. Selanjutnya lap permukaan mobil hingga kering agar jejak tetesan air tidak membekas di cat.

Catatannya usahakan anda tidak menggunakan spons untuk mencuci mobil. Permukaan spons yang banyak rongga dapat menjadi tempat mengendap pasir dan kotoran sehingga dapat menggores permukaan cat mobil. Anda dapat menggunakan lap sarung tangan microfiber yang memiliki struktur permukaan halus dan tidak banyak rongga seperti spons.

2. Mencuci Mobil Bagian Dalam

Tips mencuci mobil sendiri untuk interior bagian dalam tidak memerlukan banyak air. Anda hanya perlu menggunakan sedikit air sabun untuk mengelap bagian dalam interior. Kotoran yang umumnya ada di dalam interior seperti noda sepatu, makanan, dan minuman sehingga tidak perlu air yang banyak karena justru akan membuatnya sulit dibersihkan. Hindari penggunaan pemutih untuk bagian dalam karena akan membuat luntur cat. Setelah membersihkan bagian dalam kemudian buka pintu mobil agar udara bersirkulasi mengeringkan interior dalam.

3. Membersihkan Bagian Mesin

Bagian mesin mobil tidak perlu diberikan air yang banyak untuk membersihkan karena justru dikhawatirkan akan merusak mesin. Beberapa bagian mesin bahkan tidak boleh terkena air seperti kabel, sensor dan aki. Bagian seperti busi juga tidak dapat terkena air karena akan membuat mesin tidak dapat hidup. Jika terdapat lemak ataupun minyak pada mesin, cukup dilap dengan minyak tanah maupun sabun cuci.

4. Mencuci Ban

Tips mencuci mobil sendiri khusus bagian ban dibedakan sesuai dengan jenis rim ban. Rim ban berlogam cukup dibersihkan dengan sabun biasa, sementara rim berwarna menggunakan sabun yang memang diperuntukkan khusus. Anda bisa menggunakan sikat bersabut untuk membersihkan noda yang sulit hilang.

Jadi, mencuci mobil setiap weekend sekarang bukan menjadi masalah lagi bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *