Anda bosan dengan rutinitas bekerja dari rumah (WFH)? Butuh liburan yang bisa menyegarkan pikiran? Berwisata ke Bromo bisa jadi pilihan Anda untuk berlibur sejenak dari rutinitas bekerja yang menjemukan sekaligus dapat menyegarkan pikiran. Wisata Bromo memiliki beragam spot dengan pemandangan alam menakjubkan sekaligus wisata budaya Suku Tengger yang masih lestari. Namun masalahnya, untuk mencapai lokasi gunung Bromo, sebaiknya jalan kaki, sewa motor trail, atau sewa jeep Bromo?

Menuju Kawasan Wisata Gunung Bromo dengan Jalan Kaki

Maksudnya adalah untuk menuju kawasan wisata Gunung Bromo, seperti Penanjakan 1, Pasir Berbisik, Kawah Bromo, Pura Luhur Poten, dan lainnya, Anda lakukan dengan jalan kaki atau hiking dari pintu masuk Bromo. Kegiatan ini tentunya memiliki nilai plus dan minusnya. Nilai plusnya, Anda menjadi lebih bugar dan bisa menghemat budget pengeluaran.

Namun pilihan ini juga memiliki nilai minus yang tak sedikit. Pertama, jarak dari pintu masuk hingga ke lokasi wisata gunung Bromo tidaklah dekat, bahkan bisa menempuh waktu dua kali lipat waktu tempuh dengan jeep atau motor trail, sekitar 6 – 7 jam. Selain itu, Anda yang tidak biasa olahraga, justru pilihan ini akan membuat cedera otot bukannya meningkatkan kebugaran tubuh.

Menuju Kawasan Wisata Gunung Bromo dengan Motor Trail

Alternatif lain untuk menuju lokasi wisata gunung Bromo adalah dengan menyewa motor trail. Pilihan ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin menguji adrenalin berkendara di medan yang cukup curam dan berkelok-kelok. Sayangnya, jika memilih armada ini hanya bisa digunakan untuk 2 orang. Bahkan selama pandemi ini hanya boleh dinaiki satu orang.

Untuk harganya sendiri terbilang cukup murah. Sewanya jika dari lokasi pintu masuk Bromo sekitar Rp 200.000 – Rp 250.000 per motor. Sedangkan, jika sewa dari Malang berkisar dari Rp 500.000 – Rp 600.000. Bila dibandingkan dengan sewa jeep yang bisa dinaiki 3-4 penumpang, harga sewa motor trail justru sangat mahal.

Menuju Kawasan Wisata Gunung Bromo dengan Sewa Jeep

Pilihan ketiga dan paling banyak dipilih oleh wisatawan untuk menuju lokasi wisata gunung Bromo adalah dengan menyewa jeep. Harga sewa biasanya didasarkan pada lokasi titik masuk Bromo atau rute yang dipilih. Rata-rata harga sewanya Rp 600.000 per jeep. Harga sewa ini lumayan murah karena satu jeep bisa diisi beberapa penumpang. Biasanya satu jeep bisa memuat hingga 6 penumpang. Sayangnya, karena pandemi, satu jeep hanya boleh memuat 3 penumpang kini.

Berdasarkan ketiga alternatif cara menuju lokasi wisata gunung Bromo tersebut, sebaiknya Anda pikirkan dan anggarkan dengan matang. Untuk pilihan amannya, Anda bisa memilih alternatif sewa jeep Bromo. Sebab dari segi keamanan lebih memadai dan harga sewa lebih terjangkau. Namun semua pilihan tetap kembali kepada Anda yang menjalani.