Sampai saat ini, pipa PVC memang masih banyak digunakan masyarakat Indonesia. Hal ini karena pipa PVC berfungsi sebagai media penyalur air dari satu tempat ke tempat lainnya. Beberapa air tersebut seperti air bersih, air limbah, air pembuangan, dan sebagainya. Melihat hal ini, tak heran jika penggunaannya masih sangat banyak hingga sekarang. Nah, bicara mengenai pipa PVC, terdapat beberapa standar produk pipa PVC yang ada di Indonesia, misalnya saja pipa sni dan JIS.

Apakah Anda tahu perbedaan antara keduanya? Jika belum, yuk mari cari tahu di bawah ini, here we go!

  1. Pipa PVC SNI

Pipa yang terbuat dari bahan PolyVinyl Chloride ini kerap dimanfaatkan untuk saluran air di pusat perbelanjaan, tempat penginapan, rumah, dan lainnya. Lantas, kenapa namanya pipa PVC SNI? Ya, ini karena pipa satu ini dibuat berdasarkan pada Standar Nasional Indonesia (SNI). Standar satu ini berlaku secara nasional dan dibuat oleh Otoritas Panitia Teknis dan ditetapkan oleh Badan Standarisasi Nasional (BSN). Terdapat beberapa kelebihan yang dimiliki oleh pipa satu ini, di antaranya:

  • Penggunaanya sangat tahan lama dan awet.
  • Harganya relatif murah dan tidak mudah rusak.
  • Aman digunakan karena mengacu pada standar SNI.
  • Prosedur pemasangannya sangatlah mudah karena itu banyak digunakan.
  • Anti korosi dan karat sehingga tidak akan membuat air terkontaminasi (bila digunakan untuk air bersih).
  1. Pipa PVC JIS

Jika pipa sebelumnya dibuat berdasarkan pada standar SNI, namun beda halnya dengan pipa PVC JIS. Pipa satu ini dikeluarkan oleh Asosiasi Standar Jepang atau Otoritas Komite Standar Industri Jepang. Standar ini banyak digunakan untuk mengatur produk-produk industri yang diproduksi langsung oleh negara Jepang. Salah satu contoh produk tersebut adalah pipa PVC. Di Indonesia, pipa ini sangat terkenal dan banyak digunakan masyarakat. Di samping itu, pipa satu ini juga memiliki berbagai kelebihan, di antaranya:

  • Karena dikeluarkan oleh JIS maka pipa ini sangat aman digunakan.
  • Memiliki ketahanan dan kualitas yang sangat optimal.
  • Usia pemakaian pipa sampai 30 tahun ke depan.
  • Tidak mudah rusak sekalipun terpapar langsung oleh sinar ultraviolet (UV).
  • Diameter pipa sangatlah tebal sehingga tidak akan mudah pecah.

Itulah dia perbedaan yang dimiliki oleh pipa PVC standar SNI dan JIS. Jadi, lebih baik memilih pipa yang mana? Semua tergantung pada Anda, jika Anda tertarik menggunakan keduanya maka Anda bisa memilih keduanya, hal ini karena keduanya sama-sama memiliki keunggulannya masing-masing.