Motor Yamaha

Yamaha menjadi brand kenamaan Jepang yang telah berhasil melebarkan sayap kesuksesan hingga ke seluruh penjuru dunia. Mulai dari peralatan musik hingga Yamaha Motor yang masih diminati hingga saat ini. Bertepatan dengan ulang tahun Yamaha yang ke 64 menjadi momen yang tepat bagi Anda untuk mengetahui sejarah singkat berdirinya Yamaha sebagai kilas balik hingga saat ini, 2019.

Peran Torakusu Yamaha

Yamaha Corporation didirikan oleh Torakusu Yamaha sebelum perang dunia berkecamuk di penjuru negeri, tepatnya pada tanggal 12 Oktober 1897 atau telah berusia lebih dari satu abad di Hamamatsu, Shizouka Jepang. Pada saat itu Yamaha masih berfokus pada produksi alat-alat musik yang sesuai dengan logo Yamaha berupa tiga garputala. Setelah perang dunia ke II berakhir, President Director Yamaha yakni Ganichi Kawakami mulai memproduksi peralatan perang.

Perjalanan Yamaha dari Jepang Hingga ke Indonesia

  • Yamaha Motor

Pada tahun 1954 Yamaha merakit sepeda motor YA-1 yang bertenanga 125cc dengan 1 silinder dan 2 Tak. Kemudian sukses dipasarkan hingga ke Eropa. Dengan demikian Yamaha Corporation membuat divisi baru bernama Yamaha Motor Co.,Ltd pada tanggal 1 Juli 1955.

  • Yamaha Masuk Arena Balap

Kemudian pada tahun 1962 Yamaha Motor masuk ke dalam ajang balap sepeda motor hingga berhasil mendominasi kelas 250cc.

  • Yamaha Indonesia

Pada tanggal 1 Juli 1974 Yamaha Indonesia hadir untuk melebarkan sayapnya dan memproduksi motor secara bertahap, mulai dari merakit barang impor Jepang dan bertahan hingga mencapai peringatan ulang tahun Yamaha yang ke 64.

Inovasi Yamaha

Persaingan di bidang otomotif semakin tinggi dari tahun ke tahun, hal itu pula yang turut dilakukan oleh Yamaha sebagai produsen sepeda motor. Melakukan beragam inovasi menjadi hal wajib untuk tetap bertahan di era modern yang semakin dinamis. Simak beberapa inovasi Yamaha motor berikut ini:

1. Teknologi Fuel Injection

Yamaha turut menggunakan teknologi yang sempat trend di awal tahun 2011 lalu yakni Fuel Injection (FI), Teknologi yang digunakan adalah Mixture Jet-Fuel Injection (YMJET-FI). Mampu memberikan akselerasi dan tenaga lebih baik, efisiensi bahan bakar dan rendahnya emisi gas. Bahan bakar hemat 30% dan ramah lingkungan.

2. Terdepan dalam Perkembangan Era Digital

Yamaha Motor selalu berhasil membaca kondisi pasar terkini, membuat setiap produknya diterima oleh konsumen yang menginginkan kendaraan sesuai kebutuhan. Dukungan SDM Yamaha juga memiliki peran penting yang membuat Yamaha tetap eksis hingga saat ini. Dengan demikian konsumen mendapatkan kendaraan yang nyaman dan berkualitas. Ulang tahun Yamaha yang ke 64 tidak luput dari kerjasama yang baik dari produsen maupun konsumen.

3. Hadir dengan Beragam Produk

Seperti halnya produsen otomotif lainnya, Yamaha Motor selalu menghadirkan produk baru dengan teknologi modern. Membuat setiap konsumen selalu memilih Yamaha sebagai kendaraan pilihan dalam beragam kesempatan.

Pencapaian Yamaha Motor Indonesia

Dari tahun ke tahun Yamaha terus berkembang dengan sangat baik dan diterima oleh pasar dunia. Simak beberapa pencapaian Yamaha Motor yang kini telah berusia 64 tahun.

  • Yamaha Indonesia memiliki 6 pabrik, berupa 4 pabrik spare part dan 2 pabrik manufacturing.
  • Memiliki lebih dari 4300 dealer resmi yang tersebar di seluruh Indonesia.
  • Yamaha Grup menobatkan Yamaha Indonesia sebagai pabrik terbesar dan basis ekspor seluruh dunia.
  • Yamaha World Technician Grand Prix sebagai ajang kompetisi para teknisi Yamaha dari seluruh dunia. Teknisi Yamaha Indonesia sempat meraih juara 2 pada tahun 2018.

Bahkan dalam ulang tahun ke 64-nya ini, Yamaha mengajak masyarakat ikut mengucapkan ulang tahun, bagi mereka yang beruntung akan mendapatkan hadiah motor Istimewa dari Yamaha.