Saat pertama kali melihat atau bertemu dengan seseorang, tentu kesan pertamanya terletak pada penampilannya. Mulai kerapihan model rambut, juga pakaiannya, aksesoris beserta alas kaki atau sepatu yang di gunakan itu akan menjadi penilaian pertama. Terlebih jika bekerja pada dunia perkantoran, dimana penampilan merupakan hal terpenting, untuk melihat seberapa tinggi tingkat penghargaan yang dimiliki pada orang tersebut. Memang perlu diperhatikan bahwa kesan pertama akan memperlihatkan kreadibilitas dari seseorang. Dengan adanya kesan pertama tersebut maka kita akan segera mengetahui apakah itu sales, seorang yang akan melamar pekerjaan, prospek dan lain sebagainya. 

Hal yang sering terlupakan adalah mengenai kebersihan pada alas kaki, karna letaknya yang berada di bawah tak heran jika sepatu atau alas kaki ini sering terlupakan oleh pemakainya. Padahal, saat melihat keadaan pada sepatu dapat dijadikan tolak ukur seberapa telaten, bersih dan juga kerapihan dari orang tersbut, maka dari itu disarankan untuk tetap menjaga kebersihan serta merawat sepatu yang andal miliki. Banyaknya jenis sepatu yang berbeda dan tentunya memiliki bahan dasar yang beragam seperti, kain, berjenis karet ataupun plastik, berbahan kulit asli maupun imitasi dan lainnya, semuanya memiliki perawatan yang berbeda beda pula. Sepatu pantofel merupakan sepatu yang sering dipakai pada saat bekerja, dan menghadiri acara remi, dan juga sepatu ini telah diminati oleh banyak orang. Jika tidak di rawat dengan benar sepatu ini akan cepat berjamur dan memiliki bau yang tidak sedap, maka perlu penanganan khusus pada sepatu jenis pentofel ini. Cukup mudah untuk merawatnya asalkan anda membaca artikel ini dengan seksama.

Perhatikan dahulu bahan dasar sepatu pentofel anda sebelum membersihkannya. Jika mempunyai bahan kulit premium akan lebih mudah dalam hal perawatannya, sudah jelas bahwa sepatu dengan kulit premium akan berkualitas baik dan lebih awet ketimbang dengan sepatu medium dengan kualitas yang biasa. Cek apakah bahan kulit pada sepatu tersebut elastis atau malah sebaliknya dan juga perhatikan tingkat kelembaban pada permukaan sepatu, hal ini dilakukan agar anda dapat menyesuaikan saat pemakaian atau pada perawatan.

Selanjutnya perhatikan dan persiapkan segala peralatan yang digunakan untuk membersihkan sepatu pentofel atau sepatu kulit tersebut, Karena peralatan akan berpengaruh jug terhadap ke awetan dari sepatu tersebut. Berikut peralatan yang dianjurkan sebaiknya menggunakan air yang bersih, kemudian gunakanlah kain lap serta sikat yang lembut namun untuk sepatu berbahan kulit suede gunakan sikat khusus suede, jangan lupa untuk memakai saddle soap atau dapat diartikan dengan sabun khusus untuk berbahan kulit, memakai semir berbahan krim, mink oil atau minyak cerpelai, gunakan penghapus karet, taburkan lah sedikit bedak bayi atau bedak talk, kemudian produk pelapis sepatu yang terbuat dari silikon dan yang terakhir jangan lupa untuk pakai sumpal sepatu. 

Membersihkan sepatu pantofel sebaiknya jangan menggunakan banyak air, jika terdapat kotoran yang sedikit membandel baru lah bilas perlahan menggunakan sedikit air bersama dengan kain lap yang lembut. Merawat sepatu pentofel memang diperlukan ketelatenan serta ke apikan seseorang dalam merawatnya, namun hal itu akan menjadi kesenangan tersendiri saat melihat sepatu kulit yang kita miliki dapat kembali bersih dan menarik, serta dapat menjadikan bertambah nya rasa kepercayaan diri seseorang akan penampilannya yang sudah maksimal. Terima kasih telah membaca, semoga bermanfaat!