Memperingati Hari Ginjal Sedunia dengan Serangkaian Kegiatan Positif

Hari Ginjal Sedunia diperingati setiap tahunnya pada Kamis minggu kedua di bulan Maret. Tahun ini jatuh pada tanggal 8 Maret 2018. Tema Hari Ginjal Sedunia pada tahun 2018 ini adalah ”Kidneys and Womens Health : Include, Value, Empower”. Dengan tema ini diharapkan semua pihak ikut mempromosikan akses yang terjangkau dan adil terhadap pendidikan kesehatan, perawatan kesehatan dan pencegahan penyakit Ginjal bagi semua wanita dan anak perempuan di dunia.

Di Indonesia peringatan Hari Ginjal Sedunia diisi dengan rangkaian kegiatan seperti: melaksanakan sosialisasi dan diseminasi informasi tentang penyakit Ginjal kronis melalui berbagai media, bekerjasama dengan lintas program, lintas sektor, organisasi profesi, pelaku usaha dan organisasi masyarakat melalui kegiatan Forum Diskusi Dialisis.

Secara khusus Kementerian Kesehatan mengimbau kepada pemerintah, swasta maupun masyarakat untuk dapat berpartisipasi dan mendukung upaya pencegahan dan pengendalian Penyakit Ginjal Kronis dengan meningkatkan upaya promotif dan preventif dengan modifikasi gaya hidup untuk pencegahan penyakit Ginjal kronis, yaitu dengan Melakukan aktivitas fisik teratur, makan makanan sehat (rendah lemak, rendah garam, tinggi serat, dan hidup sehat dengan air mineral, kontrol tekanan darah dan gula darah, monitor berat badan dan mempertahankan berat badan normal, minum air putih minimal 2 liter per hari, tidak konsumsi obat-obatan yang tidak dianjurkan, dan tidak merokok.

Selain itu, Kemenkes mendorong implementasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dan Standar Pelayanan Minimal (SPM) serta mendorong kementerian dan lintas sektor terkait lainnya untuk meningkatkan kerjasama dalam mengatasi masalah kesehatan sehingga semua kebijakan yang ada berpihak pada kesehatan. Anda harus lebih memperhatikan konsumsi minum harian pula untuk menghindari masalah kesehatan tersebut seperti pada link http://www.pristine8.com/.

Salah satu masalah kesehatan yang sering terjadi adalah kepatuhan pasien dalam mengonsumsi obat. Penting untuk senantiasa mengatur jadwal konsumsi obat-obatan untuk penderita penyakit seperti darah tinggi dan kencing manis, misalnya saat berbuka puasa, menjelang tidur atau ketika sahur. Minum obat-obat tersebut secara teratur sesuai dengan anjuran dokter/petugas kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *