Membeli Mobil Baru? Perhatikan Beberapa Hal Supaya Tidak Rugi Sesudah Beli

Mobil baru masih merupakan barang tersier di Indonesia. Pasalnya, kebutuhan akan kendaraan beroda empat ini masih antara penting dan tidak penting. Beberapa orang lebih memilih motor karena pergerakannya yang lincah, beberapa lagi membeli mobil karena untuk keperluan bekerja, dan sisanya membeli karena memang ingin.

Namun, banyak sekali dari para konsumen mobil yang sebenarnya masih awam dalam menentukan pilihan. Akhirnya, mobil tersebut malah tidak digunakan dengan semestinya dan teronggok di garasi rumah karena jarang dipakai. Lalu, bagaimana seharusnya tindakan kita sebelum membeli mobil baru?

Beli Mobil Baru? Pikirkan Fungsi Utamanya Supaya Tidak Salah Beli

Membeli barang apa pun, memang sudah selayaknya untuk memikirkan kegunaan dari barang tersebut. Termasuk ketika Anda membeli mobil baru. Sebab, jenis mobil banyak ragamnya. Mulai dari mobil SUV, city car, mobil keluarga, dan banyak lagi. Tiap jenis memiliki fungsi utama yang berbeda. Misalnya seperti mobil keluarga atau family car, disebut family car karena memang ditujukan untuk kenyamanan berkendara bersama keluarga. Biasanya memiliki body yang cukup besar sehingga muat untuk satu keluarga.

Apabila kebutuhan Anda membeli mobil untuk dapat digunakan sebagai sarana berkendara bersama seluruh keluarga, maka sia-sia jika Anda membeli mobil sport yang kabinnya kecil.

Spesifikasi Mobil Sebaiknya Sesuai dengan Harganya

Ada yang bilang jika kualitas barang memang sesuai dengan harganya. Hal tersebut benar, tetapi dalam beberapa produk terkadang harga yang tinggi tidak sesuai dengan kualitas yang dijanjikan. Itu juga yang harus Anda pikirkan ketika membeli mobil baru.

Misalnya, mobil A dan B memiliki harga yang sama yaitu Rp. 100 juta. Namun, mobil A memiliki spesifikasi mesin yang lebih tinggi, dengan fasilitas hiburan dan lain-lain lebih bagus. Sudah pasti Anda akan lebih disarankan memilih mobil A daripada B.

Mobil Baru? Harga Jual Sebaiknya Stabil

Mobil adalah barang yang bisa rusak dengan mudah, tidak seperti rumah atau bangunan yang harganya selalu tinggi tiap tahunnya karena aset tanah bersifat tetap. Meskipun hanya dipakai satu sampai dua tahun, harga mobil bisa turun drastis ketika dijual. Apalagi jika mobil tersebut dari brand yang tidak begitu populer di masyarakat. Hal tersebut juga wajib menjadi perhatian Anda, terlebih jika Anda adalah tipe yang cepat bosan dan berencana untuk selalu ganti mobil dengan luncuran terbaru setiap beberapa tahun sekali.

Tidak hanya itu, mobil dari brand yang harga jualnya stabil biasanya cukup terkenal di masyarakat, dan hal tersebut juga dibarengi dengan penjual spare parts mobil tersebut yang mudah ditemui. Tiap mobil memiliki komponen yang berbeda, terutama jika dikeluarkan oleh pabrik berbeda. Mungkin ban atau lampu bisa diakali dengan spare parts untuk mobil dari pabrik lain, tetapi beberapa komponen ada yang kadang dikhususkan untuk jenis mobil tersebut. Lagi pula, mobil dari brand terkenal juga bengkel resminya lebih mudah ditemui di daerah-daerah. Hal tersebut akan memudahkan Anda melakukan service jika mobil bermasalah.

Di Indonesia sendiri, salah satu produk mobil yang cukup dikenal masyarakat contohnya Avanza, Innova, dan produk-produk Toyota lainnya. Produk-produk Toyota banyak diburu karena harganya yang tidak terlalu mahal tapi memiliki performa yang mumpuni. Penduduk Indonesia yang suka bepergian bersama keluarga juga kerap menyukai mobil keluaran Toyota karena sesuai dengan tujuan pembelian mobil. Desainnya juga sesuai dengan selera kebanyakan orang. Terlebih, Toyota sedang membuka diskon untuk Anda yang memiliki mobil Innova lama, bisa ditukar dengan mobil baru yang lebih modern dan bagus. Untuk lebih jelasnya, silakan kunjungi www.toyota.astra.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *