Jintan hitam (black seed) atau lebih sering dikenal sebagai habbatusauda merupakan jenis biji-bijian yang sering digunakan sebagai obat herba. Biji-bijian ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan dapat mengobati berbagai masalah penyakit. Selain dijadikan obat herba, jintan hitam ini dapat diolah menjadi bumbu masakan yang diambil ekstraknya.

Kandungan pada biji ini terdapat aneka nutrisi yang baik untuk kesehatan seperti protein, karbohidratm lemak sehat (asam linoleat dan asam oleat), serat, kalsium, zat besi, natrium, kalium, dan antioksidan. Inilah beberapa manfaat habbatussauda yang dipercaya mampu mengobati berbagai penyakit dan baik untuk kesehatan

  1. Mengatasi kolesterol tinggi

Kolesterol tentu dibutuhkan pada tubuh, namun kolesterol yang berlebih akan menimbulkan berbagai macam penyakit seperti stroke dan penyakit jantung. Beberapa penelitian menyatakan bahwa biji jintan hitam terbukti dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) karena biji-bijian ini mengandung asam lemak seperti asam linoleat dan oleic. Selain itu, biji jintan hitam ini mengandung lipoprotein yang fungsinya dapat meningkat kadar kolesterol baik untuk tubuh.

  1. Mencegah kanker

Penyakit kanker adalah salah satu jenis penyakit paling mematikan, namun kabar baiknya penyakit tersebut dapat diatasi dengan mengonsumsi habbatussauda. Pada biji habbatussauda terdapat kandungan antikarsinogenik dan thymoquinone yaitu senyawa aktif yang memiliki sifat antikanker.

Kandungan biji-bijian ini sangat efektif untuk kanker payudara, otak, leukemia, melanoma dan tumor. Manfaat biji jintan hitam ini memang sudah terbukti dalam penyembuhan dan pencegahan kanker. Namun, selain mengonsumsi habbatussauda Anda juga tetap harus menjalani pengobatan dari dokter.

  1. Mengendalikan kadar gula darah

Bagi para penderita diabetes, habbatussauda menjadi suplemen yang tepat untuk mengendalikan kadar gula darah. Banyak penelitian mengatakan bahwa habbatussauda dapat menurunkan kada glukosa serta dapat meningkatkan konsentrasi insulin di dalam tubuh sehingga penderita diabetes akan berangsur-angsur membaik jika rutin mengonsumsinya.

  1. Mengobati jerawat

Jerawat pada wajah pastinya akan membuat Anda merasa kesal jika jerawat tersebut tidak kunjung hilang bahkan semakin bertambah. Solusi yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi jerawat membandel yaitu menggunakan habbatussauda sebagai suplemen.

Kandungannya sifat antimikroba dan antiinflamasi yang sudah dikenal dapat membasmi jerawat hingga ke akarnya. Penggunaan habbatussauda sudah terbukti efektif mengobati jerawat dan telah teruji pada beberapa penelitian medis.

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang cukup banyak dialami masyarakat Indonesia. Jika penyakit ini diabaikan, maka kondisinya dapat semakin lebih parah lagi hingga mengakibatkan penyakit jantung koroner.

Fungsi dari habbatussauda dapat menjaga agar tekanan darah Anda tetap normal. Minyak dari biji jintan hitam ini kaya antioksidan yang efektif menurunkan tekanan darah. Selain itu, manfaat habbatussauda juga dapat mengurangi risiko terhadap serangan jantung.

  1. Menurunkan berat badan

Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, Anda bisa memanfaatkan habbatussauda sebagai suplemen pendukung untuk menurunkan berat badan Anda. Beberapa penelitian telah menyimpulkan bahwa habbatussauda memiliki fungsi untuk mengatasi masalah obesitas dan bahkan tidak menyebabkan efek samping jika dikonsumsi secara teratur.

  1. Meningkatkan kualitas sperma

Sel sperma yang sehat tentunya dapat meningkatkan peluang kehamilan yang lebih besar. Bagi para laki-laki seringkali mengalami gangguan pada sperma seperti adanya kelainan sperma atau jumlah sperma yang terbilang cukup rendah.

Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah tersebut, para laki-laki dapat mengonsumsi habbatussauda untuk menjaga dan meningkatkan kualitas pada sperma.

Demikianlah beberapa manfaat habbatussauda yang dapat Anda coba untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan sebagai pengobatan alami.