Ini Dia Serba-Serbi Trisemester Dua yang Harus Ibu Hamil Tahu

Ibu hamil harus ekstra menjaga diri dan kesehatan. Hal ini berpengaruh penting untuk tumbuh kembang pada janin. Misalnya saja, ibu hamil harus tercukupi kebutuhan nutrisinya agar janin bertumbuh dengan baik sesuai umur kehamilan. Kebutuhan nutrisi ini bisa didapat dari berbagai makanan yang bergizi, minimal harus mengandung empat sehat lima sempurna.

Selain nutrisi, ibu hamil juga harus menjaga kesehatan diri dengan suplemen dan vitamin yang diperlukan dalam masa kehamilan. Di seputar kehamilan trimester kedua contohnya, ibu hamil dianjurkan untuk mulai rutin minum tablet besi.

Sesuai aturan, seorang ibu hamil wajib mengkonsumsi tablet besi minimal 90 tablet selama masa hamil. Ini bertujuan agar sang ibu tidak mengalami anemia selama kehamilan. Ibu hamil yang terkena anemia, berisiko melahirkan dengan perdarahan atau melahirkan prematur.

Sedangkan kenapa sebaiknya mulai mengkonsumsi tablet besi di trimester kedua? Karena di trimester ini biasanya ibu sudah terbebas dari keluhan pada masa awal kehamilan seperti mual muntah. Efek samping dari tablet besi salah satunya adalah dapat menimbulkan rasa mual.

Di trimester kedua, biasanya juga akan dilakukan suntik TT pada ibu hamil. Ini bertujuan untuk mencegah tetanus pada bayi baru lahir yang dapat ditularkan melalui ibu.Suntik TT ini harus dilakukan lima kali seumur hidup. TT pertama berjarak satu bulan dengan TT kedua, TT kedua dengan TT ketiga jaraknya enam bulan. Dari TT ketiga ke TT empat, jaraknya juga enam bulan. Setelah itu, jarak TT empat ke TT terakhir adalah satu tahun.

Karenanya, ibu yang belum melakukan suntik TT sebelum menikah, wajib suntik TT saat hamil. Kenapa dilakukan di trisemester dua? Alasannya sama dengan konsumsi tablet besi. Trimester ini adalah masa nyaman bagi ibu. Saat-saat ibu hamil sedang menikmati kehamilannya, jadi gunakanlah masa ini untuk menjaga kesehatan ibu dan janin semaksimal mungkin.

Selain kedua hal di atas, konsumsi asam folat juga sangat penting untuk ibu hamil. Ini bahkan dianjurkan sebelum masa kehamilan. Asam folat berfungsi untuk mencegah janin lahir cacat. Biasanya, asam folat banyak terdapat dalam roti, oat, dan susu. Selama kehamilan, tidak ada salahnya ibu hamil mengkonsumsi susu hamil agar kebutuhan asam folat terpenuhi.

Di trisemester dua, nikmatilah masa-masa kehamilan yang indah ini. Hindari stres dan berbahagialah selalu agar ibu senantiasa sehat. Jika ibu sehat, maka janin pun akan berkembang dengan baik. Selamat menikmati kehamilan Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *