Coba SOSIAGO Influencer Marketing: Tutorial untuk Pemula

Cara Membuat Blog Penghasil Uang Untuk Pemula

Tutorial ini ditujukan untuk pemula yang ingin mencoba Sosiago Influencer Marketing. Sebuah website untuk kolaborasi influencer dengan brand. Di website ini kita akan menemukan berbagai macam campaign dari banyak brand. Tugas kita sebagai influencer adalah menyelesaikan tugas yang diberikan berdasarkan ketentuan dari brand.

Lengkapi Data

Isi dengan lengkap data pribadi di bagian ini mulai dari nama, tanggal lahir, alamat, nomor dan yang terpenting data rekening seperti nama bank, nomor rekening dan nama pemilik rekening. Untuk bagian kategori diisi sesuai dengan topik blognya, kalau blognya membahas seputar smartphone maka pilihlah Teknologi.

Di bagian Tipe Profile sudah terisi Personal, tapi kalau teman-teman punya channel yang followersnya di atas 20.000 maka bisa meminta peninjauan supaya menjadi verified member.

Tambah Channel

Caranya sangat mudah, masuk ke menu Account kemudian klik +Channel nanti akan muncul 4 pilihan (Blog, Instagram, Twitter dan YouTube). Kemudian ketik nama domain blog, di bawahnya ada Publish dan Create yang harus kalian isi dengan harga yang diinginkan.

Saya sendiri sudah berhasil menambah blog ke Sosiago dengan mudah, beberapa diantaranya adalah blog nul.is salah satu blog andalan yang mulai aktif sejak 2013.

Publish: Artikel sudah disediakan advertiser, artinya tugas kita hanyalah menyalin artikelnya kemudian diterbitkan di blog. Saran saya untuk harganya jangan terlalu tinggi karena pengerjaannya mudah dan cepat.

Create: Kalau ini kita yang membuat kontennya berdasarkan ketentuan yang diberikan advertiser. Untuk harganya bisa disesuaikan sendiri dan jangan disamakan dengan harga Publish karena tentu saja tidak semudah task Publish yang tinggal copy-paste.

Setelah itu kalian bisa upload foto cover untuk channelnya supaya tampilannya lebih menarik, kalau sudah selesai klik Lanjutkan untuk proses verifikasi. Kode verifikasi berupa kode javascript yang harus dipasang di theme atau template blog kalian. Untuk lebih jelasnya bisa lihat tutorial.

Saat ini Sosiago baru mendukung platform WordPress dan Blogger, cara verifikasinya sendiri sudah disediakan tutorial yang bisa dibaca di sini: https://www.sosiago.id/guide/influencer

Join Campaign

Klik menu Campaign untuk melihat penawaran apa saja yang tersedia. Klik Lihat Brief untuk melihat detail informasi dari campaign dan jika tertarik bisa bergabung dengan klik Join Campaign. Perlu dipahami bahwa ada banyak blogger lain yang juga bergabung, bisa dilihat dari angka di Joined. Karena budget brand yang terbatas maka tidak semua blogger akan mendapatkan task, kalau memang diterima nanti akan mendapatkan pemberitahuan lewat email atau sms.

Kalau ternyata ada campaign yang pilihan channelya kosong itu berarti ada syarat yang belum sesuai, bisa jadi karena skor DA tidak sesuai permintaan advertiser. Pastikan sudah menambah channel sebelum Join Campaign.

Itulah tutorial singkat tentang cara menggunakan Sosiago. Bagaimana? Tertarik untuk coba Sosiago Influencer Marketing?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *