Cara Mudah Basmi Rayap yang Berkeliaran di Rumah

Rayap adalah salah satu serangga yang cukup mengganggu ketika penyebarannya ada di rumah kita. Bagaimana tidak, mereka suka menggerogoti perabotan yang terbuat dari kayu sehingga membuat perabot tersebut rusak. Perabotan yang harusnya bisa bertahan 10 tahun, harus diganti hanya dalam 5 tahun saja, pasti kamu kesal sekali. Tidak heran jika kamu harus memutar otak untuk melakukan pembasmian rayap secara menyeluruh. Berikut ini adalah beberapa cara basmi rayap yang bisa kamu lakukan sendiri dengan bahan-bahan yang dapat dibeli di pasar.

1. Membasmi Rayap dengan Semprotan Air Sabun

Air sabun sangat bermanfaat untuk membasmi rayap yang ada di rumah, sebab zat pada sabun dapat dengan mudah mengganggu sistem pernapasan hewan kecil ini. Caranya mudah, kamu tinggal menyiapkan air dan sabun cair, masukkan ke dalam botol spray lalu kocok hingga bercampur jadi satu. Jika larutan sudah siap, tinggal semprotkan di tempat-tempat yang sekiranya ada rayapnya. Kalau bisa, semprotkan sampai bagian dalam lubang-lubang yang ditinggali rayap. Lakukan beberapa kali sehari supaya hasilnya maksimal dan rayap cepat mati.

2. Membasmi Rayap dengan Larutan Kapur Sirih

Kapur sirih yang punya banyak kegunaan juga sangat efektif dalam membasmi rayap di rumah kamu. Bukan hanya rayap, serangga pengganggu lainnya pun dapat mati jika dibasmi memakai kapur sirih. Cara penerapannya juga mudah. Pertama, campur kapur sirih dan sejumlah air, masukkan ke dalam botol spray dan semprotkan pada tempat-tempat rayap bersarang. Supanya rayap tidak dapat kabur, semprot juga tempat lainnya, dengan begitu rayap akan cepat mati. Kapur sirih ini sangat ampuh membunuh serangga, sehingga cukup satu atau dua kali semprot, rayap sudah tewas. Bahkan, larva yang masih kecil pun akan ikut mati jika terkena cairan kapur sirih ini.

3. Membasmi Rayap dengan Larutan Garam

Jika malas membeli kapur sirih atau sedang tidak punya sabun di rumah, kamu juga bisa memakai garam sebagai pembunuh rayap yang ampuh. Caranya mudah, siapkan satu mangkuk garam dan air setengah liter. Setelah itu campur keduanya hingga garam larut seluruhnya. Masukkan ke dalam botol spray dan tinggal semprot ke sarang rayap dan rayapnya. Semprotkan beberapa kali supaya para rayap cepat mati dan tidak lagi mengganggu rumah kamu.

4. Membasmi Rayap dengan Diatomaceous Earth(Tanah Diatom)

Ada lagi cara basmi rayap yang tidak begitu diketahui orang, yaitu menggunakan tanah diatom. Apa itu tanah diatom? Tanah ini merupakan batu sedimen silika yang terbentuk karena cangkang makhluk-makhluk diatom seperti alga sel satu dan lainnya. Kamu bisa membeli tanah diatom di toko-toko online jika di tempatmu tidak ada, harganya juga tidak begitu mahal. Cara menggunakan tanah diatom ini sebagai pembasmi rayap cukup mudah, cukup taburkan pada tempat-tempat yang berayap, misalnya di kusen jendela atau loteng rumah yang terbuat dari kayu. Taburkan juga ke sekeliling rumah untuk hasil yang maksimal. Tanah ini akan membuat rayap mengering, dan bahkan dapat membunuh kelabang maupun semut.

Cara-cara di atas memang terbukti efektif untuk membunuh rayap yang ada di dalam rumah. Akan tetapi, jika rayap terlalu banyak atau kamu tidak ingin repot-repot melakukan perburuan rayap sendiri, kamu juga bisa memanggil petugas pembasmian hama ke rumahmu. Biasanya petugas seperti ini bukan hanya dapat membasmi rayap, tapi juga tikus, semut, atau hewan pengganggu lainnya yang membuat rumah terasa tidak nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *