Ketika lem menempel pada pakaian, memang akan membuat kesal. Apalagi jika terjadi pada pakaian si kecil, yang sedang aktif di sekolah dan senang berkreasi menggunakan lem. Tenang! Ada solusi jitu cara menghilangkan lem di baju yang bisa dilakukan, agar noda tersebut hilang dan baju kembali bersih siap dipakai kembali.

Ada banyak jenis lem yang sering digunakan untuk berbagai kebutuhan, ada yang bahan dasarnya air dan ada juga yang berbahan khusus super kuat merekatkan benda. Jadi, ketika pakaian terkena lem, harus diketahui dulu apa jenis lemnya. Berikut ini beberapa cara yang bisa digunakan untuk menghilangkan noda tersebut.

Lem Berbahan Dasar Air

Pada dasarnya lem dengan bahan dasar air ini, lebih mudah untuk dibersihkan. Ketika air bertemu dengan larutan pencuci yang juga berbahan air tentu akan menyatu, kemudian luruh setelah melalui proses pembersihan. Bagaimana langkahnya?

  • Pastikan terlebih dahulu lem yang melekat pada baju tersebut sudah kering sempurna. Agar lebih mudah dibersihkan, Anda bisa melakukan proses pengeringan dengan kipas angin atau cara yang mudah dilakukan.

Fungsinya adalah, untuk memudahkan pengikisan lem. Jika lem masih basah, maka setelah dikikis tetap akan meninggalkan noda yang melekat pada pakaian.

  • Lakukan pengikisan lemak lem, gunakan pisau atau bahan dengan ujung tipis yang akan membantu memaksimalkan hilangkan lem tersebut. Contohnya adalah pisau pemotong roti yang tidak tajam.
  • Sekarang saatnya perendaman baju, gunakan air bersih dan biarkan terendam selama 24 jam atau semalaman.
  • Untuk mencuci manual, Anda bisa mencuci pakaian tersebut dengan air hangat. Gunakan sabun cuci dengan kandungan zat anti noda, kucek hingga bersih terutama pada bagian lem melekat. Sedangkan untuk mencuci dengan mesin cuci, masukkan air hangat untuk mencuci dan sabun khusus mesin cuci
  • Bilas hingga bersih dan keringkan, maka Anda tidak akan melihat noda lem lagi pada baju tersebut.

Lem Berbahan Super Kuat

Ketika baju terkena noda lem super kuat, butuh cara yang lebih detail untuk membersihkannya. Tidak bisa jika hanya mengandalkan air hangat saja, karena bahan utamanya pasti sudah melekat maksimal pada permukaan baju. Lantas bagaimana cara membersihkannya?

  • Lakukan pengikisan lemak lem yang sudah mengering di permukaan baju. Bisa menggunakan pisau khusus roti, untuk menghindari baju menjadi robek. Atau memakai sendok tipis, yang penting bukan benda tajam sebab proses pengikisan akan tergolong lama dan butuh kerja keras.

Apalagi jika noda lem super tebal akibat penggunaan lem yang berlebihan, sehingga menempel di banyak area pakaian. Pastinya akan butuh kerja lebih ekstra untuk mengikis lemak tersebut

  • Tuang aseton ke dalam wadah, kemudian celupkan kapas bersih ke dalam aseton tersebut. Lanjutkan dengan mengusapkan kapas aseton ke permukaan baju yang terkena lem, lakukan hingga lem benar-benar hilang. Cara ini juga ampuh untuk beberapa jenis noda lainnya yang menempel pada pakaian.
  • Saatnya mencuci, Anda bisa melakukannya dengan cara biasa dan tidak perlu air panas. Jika menggunakan tangan, pakai deterjen anti noda dengan formula yang lembut. Kemudian kucek sampai bersih, terutama di bagian yang terkena lem.

Sedangkan untuk mencuci pakai mesin cuci, tinggal tuangkan air dan deterjen sesuai jenis mesin cuci. Lanjutkan dengan diawali proses kucek manual dengan tangan, sebelum diserahkan kepada pencucian otomatis oleh mesin cuci.

Sudah paham tentang cara menghilangkan lem di baju di atas? Yang penting diperhatikan adalah ketahui dulu jenis lem, kemudian ikuti langkah dengan benar. Maka hasilnya akan sangat memuaskan, tanpa harus melakukan proses dry cleaning atau cara lainnya. Mau mencobanya sekarang?