Setiap manusia pasti pernah mengalami suatu kejadian yang menyebabkan trauma. Trauma sendiri ada yang dapat dihilangkan bahkan ada yang sulit dihilangkan. Trauma yang dialami oleh seseorang bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti perundungan, kekerasan fisik, kecelakan bahkan becana alam. Hampir setiap hari banyak orang yang mencari psikolog atau psikiater lulusan kampus psikologi ternama hanya untuk berkonsultasi menghilangkan trauma yang dialaminya. Untuk mengetahui apa itu psikolog atau psikiater Anda dapat membaca di kampuspsikologi.com.

Jika tidak segera diatasi trauma dapat menyebabkan metal block, yang dapat mengganggu kehidupan seseorang, mulai dari rasa sedih, gangguan kecemasan secara berlebihan dan berkepanjangan, mudah syok, hingga interaksi sosial dan perilaku sehari-hari.

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan trauma.

  1. Terapi Somatik

Terapi somatic merupakan terapi yang bertujuan memberikan sensasi rileks pada tubuh. Terapi ini bertujuan untuk menghasilkan suatu getaran, tangisan serta terapi pelesana gejala fisik lainnya sehingga tubuh rileks dan pikiran menjadi tenang.

  1. Bercerita kepada orang yang dapat dipercaya

Bercerita kejadian traumatis yang pernah dialami kepada orang yang dapat dipercaya semisal orang tua, adalah suatu langkahs sederhana dan efektif dalam mengatasi trauma. Cara ini dapat membuat pikiran Anda lebih tenang dan lebih baik dikarenakan dukungan dari orang terdekat sangat berpengaruh menghilangkan beban dan ketakutan yang Anda alami.

  1. Curahkan melalui tulisan

Bagi Anda yang seorang introvert, cara ini adalah cara terbaik untuk menghilangkan rasa trauma Anda.

  1. Berhenti menyalahkan diri sendiri

Menyalahkan diri sendiri sering terjadi pada penderita trauma, cara yang tepat untuk menghindari hal ini Anda dapat menarik napas dalam-dalam secara perlahan. Pengaturan napas dapat memberikan sensasi plong pada pernafasan sehingga mulai perlahan mengurangi rasa takut, dan cemas yang berlebihan. Peristiwa yang terjadi, sepenuhnya bukan kesalahan pribadi.

  1. Terapi EMDR

EMDR (Eye Movement Desensitization and Reprocessing) merupakan terapi yang menafaatkan Gerakan mata,, sehingga membentuk suatu ritme kedua bolah mata. Caranya adalah dengan menggerakkan mata kanan ke kiri bahkan sebaliknya. EMDR sangat cocok untuk menghilangkan memori traumatis yang tersimpan pada otak manusia.

  1. Datang ke psikiater atau psikolog

Ada sebagain traumatis yang susah dihilangkan secara alamai, sehingga menyebabkan stess dan rasa takut berlebihan. Trauma semacam ini sering disebut dengan PTSD (Post Traumatic Stress Disorder). Untuk mengatasi trauma ini Anda membutuhkan seorang psikiater yang akan membantu secara spesifik menghilangkan trauma. Menghilangkan sebuah trauma mendalam bukanlah hal yang mudah, jika Anda tidak dapat mengatasinya sebaiknya Anda berkonsultasi ke psikolog, atau psikiater sehingga psikiater dapat memberikan obat antidepresan dan Pereda anxiety yang mungkin Anda butuhkan.

Semoga pembahasan datas dapat meberikan wawasan yang berguna bagi Anda dan bagi para penderita trauma.