Cara Memilih Produk Kosmetik Yang Aman & Halal Yang Harus Kamu Ketahui

Menurut informasi yang didapat, saat ini sudah banyak produk-produk kosmetik berbahan kimia berbahaya yang beredar di pasaran. Bahkan yang lebih gawatnya lagi, tak sedikit produk-produk kosmetik yang komposisinya terbuat dari bahan najis seperti lemak babi dan unsur najis lainnya. Sebagai seorang muslimah dan sebagai konsumen kosmetik, tentu saja kita merasa khawatir dengan kondisi seperti ini. Tanpa banyak panjang lebar lagi, berikut di bawah ini ada beberapa cara yang tepat dalam memilih produk kosmetik yang aman dan halal :

1. Perhatikan Kemasannya
Selain melihat masa kadaluarsanya, melihat kemasan produk juga sangat jarang dilakukan oleh si pembeli. Hal ini disebabkan mungkin karena mereka sedang tergesa-gesa sehingga tidak sempat untuk melihat kemasan produk kosmetik yang akan dibelinya. Dan jika kemasan produk kosmetik yang akan kamu beli rusak, sebaiknya kamu jangan membelinya karena dikhawatirkan produk kosmetik tersebut sudah tidak steril lagi.

2. Perhatikan Kandungan Zatnya
Hal yang sangat penting juga yang harus kamu lakukan pada saat akan membeli produk kosmetik adalah melihat kandungan zat yang ada pada sebuah produk kosmetik tersebut. Dalam satu produk kosmetik bisanya membuat daftar kandungan zat beserta jumlah kadarnya di kemasan bagian belakang. Oleh sebab itu cek terlebih dahulu sebelum membeli produk kosmetik tersebut, apakah ada zat yang sangat berbahaya bagi kesehatan kulit, atau presentase penggunaan zat tesebut masih dalam batas kewajaran atau tidak. Karena bagaimanapun ada sebagian oknum produsen kosmetik serta penjualnya yang hanya fokus pada keuntungan semata tanpa menghiraukan kesehatan para konsumennya.

3. Ada Ijin Edar Dari BPOM & Sertifikasi Halal Dari MUI
BPOM atau Badan Pengawas Obat Dan Makanan adalah lembaga yang bertugas untuk meneliti serta mengawasi berbagai produk yang akan beredar di pasaran, termasuk produk kosmetik apakah kosmetik tersebut aman atau tidak untuk digunakan oleh konsumen. Sedangkan MUI atau Majelis Ulama Indonesia, merupakan lembaga yang berwenang untuk memberikan sertifikasi halal pada suatu produk. Ya, seperti yang terdapat pada produk kosmetik halal dan aman bernama Safi, yang sudah memiliki sertifikasi halal dari MUI dan ijin edar dari BPOM.

Itulah beberapa cara yang tepat dalam memilih produk kosmetik yang aman dan halal untuk kulit. Dengan mengikuti tips-tips diatas tadi, maka kamu tidak akan salah lagi dalam memilih produk kosmetik dipasaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *