Perkembangan teknologi yang sangat pesat, apalagi di masa pandemi Covid-19 ini yang mengharuskan saling membatasi interaksi fisik dan sosial, menyebabkan banyak bermunculan aplikasi web maupun mobile. Sehingga bidang jasa pembuatan aplikasi web dan mobile semakin diperlukan. Karena smartphone lebih banyak digunakan, pengembangan aplikasi mobile pun lebih diminati dan banyak dilirik.

Aplikasi Berbasis Mobile

Apliaksi berbasis mobile merupakan aplikasi yang bisa berdiri sendiri tanpa harus menggunakan web browser untuk menjalankannya. Ada beberapa aplikasi mobile yang bisa dijalankan tanpa jaringan internet, namun akan lebih puas dan bisa mengakses seluruh fiturnya jika pengguna menyambungkannya ke jaringan internet.

Aplikasi mobile saat ini sangat beragam contohnya, mulai dari aplikasi e-commerce, aplikasi layanan publik, aplikasi dompet digital, hingga aplikasi khusus untuk optimalisasi kinerja suatu perusahaan. Terkadang melakukan pengembangan aplikasi mobile diperlukan untuk semakin meningkatkan kenyamanan dan pengalaman penggunanya. Developer yang akan mengembangkan aplikasi mobile harus memperhatikan beberapa hal.

Pertama, melakukan riset pasar. Riset diperlukan untuk mengetahui aplikasi atau layanan yang disukai dan dibutuhkan oleh pengguna, sehingga nantinya aplikasi tersebut menarik minat pengguna. Riset bisa dilakukan dengan melihat ulasan pengguna dan mencari tahu kelemahan dari aplikasi kompetitor, sehingga dapat menghindari melakukan kesalahan yang sama.

Kedua, desain yang menarik dan mudah digunakan. Developer harus memperhatikan desain UI/UX supaya aplikasi dapat berjalan dengan baik. Banyaknya pengguna smartphone tidak menjamin kesemuanya mahir menggunakannya. Sehingga dalam mendesain aplikasi haruslah sederhana, mudah digunakan, dan dapat dijalankan pada smartphone spesifikasi rendah sekalipun.

Ketiga, sistem keamanan. Hal ini sangatlah krusial dan tidak boleh dilewatkan. Developer harus menyertakan sistem keamanan yang baik pada aplikasi yang dikembangkan, sehingga ketika nanti pengguna menyimpan informasi sensitif bisa tetap terjaga dan tidak mudah dihack. Jadi, aplikasi harus terjamin keamanannya sejak awal pembuatan.

Proses Pengembangan Aplikasi Mobile

Untuk mengembangkan sebuah aplikasi mobile tidak sesederhana aplikasi web. Karena prosesnya bisa memakan waktu yang sangat lama. Setelah mengetahui hal-hal yang harus diperhatikan dalam mengembangkan aplikasi mobile, berikut ini adalah langkah-langkahnya (proses) pengembangan aplikasi mobile.

  1. Definisikan Ide dan Persyaratan Aplikasi

Developer sebagai pengembang aplikasi harus mampu mendefinisikan ide dalam sebuah tulisan, kemudian mengembangkannya menjadi sebuah masalah. Developer harus memecahkan masalah ini dan menenmukan solusinya. Proses ini bisa dilakukan dengan melakukan riset pasar atau membaca ulasan pengguna.

Sedangkan untuk persyaratan aplikasi harus memiliki banyak poin yang beragam. Persyaratan ini akan digunakan sebagai dasar atau pedoman untuk mendefinisikan dan mengelola scope kerja dan produk. Hal ini bisa ditentukan dengan brainstorming atau mindmapping, interview, kuesioner, atau observasi.

  1. Buat Prototype Tampilan Antarmuka (UI)

Developer sebelum mengembangkan aplikasi dengan beragam bahasa pemrograman harus membuat prototype atau cetak biru dari tampilan antarmuka aplikasi mobile. Dari sini, developer bisa mengetahui kesesuaian penempatan fitur atau menu, desain yang digunakan sudah sesuai pattern sistem operasi yang akan diterapkan atau belum. Kenyamanan tampilan juga harus diperhatikan untuk mendukung user experience (UX).

  1. Pengembangan dan Pengujian Aplikasi

Jika prototype sudah disetujui dan memenuhi UI/UX, developer bisa mengembangkan aplikasi dengan bahasa pemograman. Prosesnya lumayan panjang hingga menjadi android package kit (APK). Kemudian dilakukan uji alpha dan beta.

  1. Penerbitan Aplikasi ke App Store

Jika aplikasi sudah lulus uji, aplikasi selanjutnya diunggah ke app store. Penerbitan aplikasi mobile biasanya dikenakan biaya US$ 25 untuk seumur hidup. APK harus dipersiapkan lengkap dengan status ditandatangani (signed) dan dilengkapi kunci keamanan (keystore).

Pengembangan aplikasi berbasis mobile bisa memakan waktu sangat lama. Namun bidang ini peluangnya sangat besar dalam karir, karena pengguna smartphone yang semakin banyak. Juga membuka peluang sangat lebar bagi penyedia jasa pembuatan aplikasi mobile. Tertarik? Persiapkan keterampilan Anda dari sekarang.