Apakah Kanker Serviks Menular?

Karena berawal dari infeksi virus HPV, apakah kanker serviks bisa menular? Ini jawaban dari pakar kesehatan!

Kanker serviks telah berhasil menjadi sesuatu yang menakutkan wanita di seluruh dunia. Sebab penyakit dengan predikat “silent killer” ini sering terjadi tanpa disadari lantaran memiliki gejala yang mirip dengan gangguan kesehatan lain.

Parahnya lagi, kanker serviks juga diduga bisa menular dari satu orang ke orang lainnya karena penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus HPV.

Agar tidak salah kaprah, Anda perlu tahu bahwa kanker serviks adalah pertumbuhan sel abnormal di bagian terbawah dari rahim yang berhubungan dengan vagina (serviks). Akibat adanya pertumbuhan yang tidak diharapkan tersebut, tumor (massa/benjolan) akan terbentuk dan menginvasi jaringan di sekitarnya.

Benarkah kanker serviks menular?

Penyebab pasti kanker serviks masih belum diketahui pasti hingga saat ini. Namun para ahli menyebut bahwa 70 persen kasus kanker serviks diawali oleh adanya infeksi virus HPV tipe 16 dan 18, yang terjadi melalui hubungan seksual berisiko.

Namun demikian, penyakit kanker ―apa pun jenisnya― tidaklah menular dan tidak dapat menyebar ke orang lain. Satu-satunya cara yang memungkinkan kanker bisa menyebar adalah jika Anda menerima donor organ atau jaringan dari orang yang sebelumnya divonis mengalami kanker.

Namun, risiko kanker akibat proses tersebut bisa dikatakan nol. Sebab, siapa pun yang memiliki riwayat kanker umumnya tidak dipilih untuk menjadi pendonor organ.

Menurut dr. Fiona Amelia, MPH dari KlikDokter, hal yang sebenarnya bisa menular adalah virus HPV. Pada wanita yang terinfeksi HPV atau bahkan telah divonis kanker serviks, dirinya sangat mungkin untuk menyebarkan virus HPV pada pasangan seksualnya.

Kendati begitu, pria yang terkena infeksi HPV tidak akan mengalami gangguan kesehatan apa-apa. Sederhananya, pria yang tertular infeksi HPV dari wanita penderita kanker serviks bisa memindahkan virus tersebut ke wanita lain. Hal ini mungkin saja terjadi jika pria pembawa virus HPV melakukan hubungan seksual dengan wanita yang sebelumnya sehat-sehat saja.

Dari penjelasan tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa kanker serviks bisa menular dan tidak. Kankernya memang tidak menular, namun virus penyebab kanker tersebut dapat berpindah dari satu orang ke orang lainnya. Jika Anda adalah individu yang aktif secara seksual, rutin lakukan deteksi dini dan hindari perilaku seksual yang berisiko.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *