Sekarang ini olahraga yoga semakin banyak peminatnya. Selain gerakannya yang tidak terlalu cepat, penelitian juga sudah membuktikan bahwa manfaatnya bukan hanya untuk kesehatan fisik saja, tetapi bisa juga digunakan untuk mental. Salah satu alat penting untuk mendukung yoga adalah matras. Berikut ini langkah-langkah penting yang wajib diperhatikan saat ingin membeli matras yoga.

1. Pilihlah yang Tidak Licin

Matras yoga yang tepat adalah permukaannya yang tidak licin dan enak untuk digunakan. Sayangnya banyak sekali matras yoga terbaru yang mempunyai permukaan sangat licin. Ini benar-benar mengujimu saat sedang melakukan downward dog atau gerakan dasar.

2. Sangat Empuk

sumber: matrasyoga.wordpress.com

Ini adalah sangat penting sekali bagi kamu yang masih pemula melakukan kekuatan dalam olahraga yoga. Bagi yang masih pemula sangat memerlukan matras yang empuk dan nyaman untuk membangun kekuatan otot, sendi dan bisa mencegah terjadinya cedera.

3. Memeriksa Kekuatan Bahan Busanya

sumber: peluangusaha.kontan.co.id

Matras yang dilapisi busa tipis merupakan salah satu hal penting yang bisa membuatnya jadi sangat empuk saat sedang digunakan untuk latihan yoga. Jika kamu ingin memiliki matras yang tepat, sebaiknya jangan menggunakan ukuran yang tebal. Biasanya matras yang tebal baik digunakan untuk tidur siang atau aktivitas gym.

4. Jangan Memilih Matras Yang Mengandung Racun

Sekarang ini sudah banyak matras yoga mengandung zat plastik beracun yang bisa menyebabkan kanker. Jadi kalau kamu sedang memilih matras, pilihlah yang paling nyaman untuk digunakan.

5. Pilih Matras yang Cukup Ringan

Memiliki matras yang ringan memang sangat penting, sehingga kamu tidak harus menggunakan matras berat. Gunakanlah matras yang beratnya sekitar 1,5 kg agar kegiatan yogamu sangat menyenangkan.

6. Portabilitas

Jika kamu orang yang suka membawa yoga mat ke mana saja, lebih baik kamu menggunakan yang beratnya cukup ringan. Apalagi kalau kamu sering mengikuti kelas-kelas untuk latihan yoga, maka dari itu harus mempertimbangkan yoga mat yang mudah dibawa, lebih ringan dan portable.

7. Pilih Matras yang Tidak Mudah Bergeser Saat Yoga

Saat sedang melakukan gerakan yoga, kamu akan merasakan susah berkonsentrasi dan tidak nyaman ketika matras yang digunakan seringkali bergeser dari tempatnya. Tentu hal ini akan membuatmu terpeleset atau terjatuh saat melakukan pose yoga yang berat. Oleh karena itu, pastikan kamu membeli matras yang tidak mudah bergeser kemana-mana.

8. Jangan Khawatir Jika Harus Mengeluarkan Banyak Uang

sumber: goodnewsfromindonesia.id

Ada barang, ada harga, istilah tersebut menggambarkan benda mahal seringkali laku dan berkualitas, sama halnya dengan barang yang satu ini. Sebaiknya kamu hindari harga matras yang sangat murah. Karena matras murah untuk latihan yoga biasanya cepat rapuh dan tipis.

Sekarang kamu sudah mengerti kan langkah-langkah memilih yoga mat yang harus diperhatikan? Yoga mat yang tepat dan cocok akan memberikan stabilitas, kenyamanan dan keseimbangan untuk meningkatkan latihan yoga. Sebelum membelinya, perhatikan beberapa langkah di atas ya!